Ads 468x60px

Pages

Subscribe:

Labels

Monday, February 1, 2010

KOMPUTER SEBAGAI PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.


komputer sebagai produk dari pengembang teknologi, sengaja diciptakan untuk membantu manusia dalam meringankan pelaksanaan pekerjaan. Sejumlah komputer dikembangkan untuk membantu dalam perhitungan-perhitungan matematis. Hal ini sesuai dengan namanya nyang berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung (tocompute). Tetapi kemudian sejalan dengan perkembangannya yang pesat, fungsi komputer tidak hanya untuk menghitung saja tetapi lebih luar yaitu untuk mengolah data baik yang berbentuk numerik maupun alfanumerik.
Dengan melihat fungsi dari komputer yang tidak hanya sbg alat bantu menghitung, maka komputer dpt didefinisikan sbg perangkat alat elektronik yg mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dgn instruksi yg diberikan, menyimpan perintah-perintah. Dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dala bentuk informasi.
Dari definisi itu, terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolah data, dan output (informasi). Dengan demikian prinsip kerja komputer secara singkat dapat dikatakan memasukan data tewat alat/peranti input, kemudian data tersebut diproses dalam CPU dan hasilnya ditampilkan dengan atau output.
INPUT (berupa data) => PROSES (dalam memori) => OUTPUT (berupa informasi)
Agar komputer dapat berjalan dengan baik perlu didukung komponen-komponen:
a. Perangkat keras (hardware).
b. Perangkat lunak (software).
c. Perangkat pelaksana (brainware).
Ketiga komponen tersebut harus paling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa. Perangkat keras dan perangkat lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikan.

1 komentar:

  1. salam kenal

    saya menawarkan jasa desain website kepada anda
    tentunya dengan harga yg sangat murah
    (mulai dari 100rb-an)
    jika anda berminat hub 085729222751
    atau kunjungi http://www.tkjhkti2.edu.tc/

    ReplyDelete