Ads 468x60px

Pages

Subscribe:

Labels

Sunday, January 24, 2010

LINUX

Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun. Linux memberikan kontribusi besar dalam penyebaran informasi yang otomtis meningkatkan pengetahuan masyarakat luas
Begitu banyak orang dapat bekerja bersama tanpa harus bertemu muka dengan muka untuk membawa bersama-sama seperti pembangunan proyek-proyek sebagai sistem operasi – dan untuk membuatnya cukup baik untuk bersaing dengan para raksasa di industri, adalah suatu keajaiban dalam dirinya sendiri.
Proyek ini dimulai oleh Linus Torvalds. Pada tahun 1991, Linus Torvalds mulai bekerja pada non-komersial pengganti MINIX (Unix lain seperti sistem operasi) ketika ia kuliah di University of Helsinki. Dengan kode dari sistem GNU yang tersedia dengan bebas, hal itu menguntungkan bahwa ini bisa digunakan dengan OS yang belum berpengalaman. Memprakarsai Torvalds beralih dari lisensi aslinya (yang dilarang redistribusi komersial) untuk GNU GPL. Linux dan GNU pengembang bekerja untuk mengintegrasikan komponen GNU dengan Linux untuk membuat sepenuhnya fungsional dan sistem operasi bebas.

0 komentar:

Post a Comment